MTS Al-Jihad Menuju Sekolah Berbasis TIK 4.0

Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Demi menjawab tantangan itulah, MTS Al-Jihad mengambil langkah nyata di antaranya melalui pengembangan CBT (computer based test).

Pada tanggal 15 Juli 2019, Ibu Dra. Hj. Neni Argaeni, M.Pd.I selaku Kepala MTS Al-Jihad menandatangani perjanjian kerjasama dengan Rumah Pembelajar Indonesia (RBI) yang diwakili oleh Bapak Didik Santoso selaku Penanggungjawab Program Kerjasama RBI.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Ibu Kepala Madrasah dan RBI

RBI dalam hal ini bertindak sebagai penyedia aplikasi serta memberikan pelatihan secara berkesinambungan kepada guru-guru MTS Al-Jihad. Aplikasi yang dimaksud adalah berupa aplikasi CBT, aplikasi dashboard class berbasis ICT, aplikasi smart library dan school mart, serta smart pantau untuk orang tua siswa. Aplikasi akan dipergunakan secara bertahap dalam waktu antara sembilan bulan sampai satu tahun.

Guru-guru mengikuti pelatihan CBT tahap 2

Sejauh ini guru-guru Al-Jihad telah mendapatkan dua kali pelatihan. Pelatihan tahap I dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 dengan pelatihan materi dasar CBT menggunakan microsoft word dan microsoft power point. Sedangkan pelatihan tahap 2 dilaksanakan pada 31 Agustus dengan materi CBT lanjutan. Guru-guru MTS Al-Jihad sudah bisa log in ke dalam aplikasi, membuat soal, mengupload, dan membuat tes-tes CBT untuk murid-murid dalam kegiatan pembelajaran.

Siswa-siswi MTS Al-Jihad mengikuti PTS dengan CBT

Hasil nyata dari kerjasama ini adalah MTS Al-Jihad mampu menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester berbasis komputer untuk pertamakali pada tanggal 23 September – 2 Oktober 2019. Bertindak selaku operator adalah Bapak Ali Aziz, S.Pd.I. “Al-Jihad harus mampu merespon perkembangan zaman secara cepat. Selain itu, keterampilan menggunakan perangkat IT seperti laptop, android, dan lain-lain adalah hal yang harus dikuasai siswa-siswi Al-Jihad. Terlebih lagi dalam menghadapi UNBK dan UAMBNBK,” Ungkap Ibu Hj. Neni Argaeni dalam upacara pembukaan kegiatan penilaian tengah semester. Selamat untuk MTS Al-Jihad! (MM)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu