MTs Al-Jihad Pertahankan Nilai Akreditasi A

Akreditasi adalah agenda lima tahunan yang dilakukan kepada tiap satuan pendidikan yang memenuhi syarat. Akreditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) yang merupakan badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Di antara tujuan dari pelaksanaan akreditasi adalah untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakan berdasarkan SNP (standar nasional pendidikan).

Pada tahun 2019 ini MTS Al-Jihad termasuk dalam salah satu sekolah yang mendapat jadwal akreditasi BAN-SM. MTS Al-Jihad akan divisitasi terkait dengan verifkasi dan klarifikasi isian instrumen data akreditasi yang telah diisi secara online sebelumnya melalui aplikasi sispena. Visitasi tersebut berlangsung dalam dua hari yaitu tanggal 15-16 Agustus 2019.

Ibu Kepala Madrasah dan Pembina Yayasan bersama asesor

Pada tanggal 15 Agustus sekitar pukul 08.00 WIB, MTS Al-Jihad yang terdiri dari pengurus Yayasan, Kepala Madrasah, dewan guru, dan segenap murid menanti kedatangan Bapak Drs. H. Ade Tatang Risyadi, MM selaku asesor I dan Bapak Drs. A. Sanusi selaku asesor II. Kedatangan keduanya disambut shalawat “thala’al badru” diiringi tabuhan marawis oleh siswa-siswi MTS Al-Jihad.

Acara pembukaan berlangsung cukup singkat. Ibu Dra. Hj. Nursyi Asyirawati selaku perwakilan pembina yayasan menyatakan bahwa dengan segala keterbatasan fasilitas MTS Al-Jihad mampu bersaing dalam hal prestasi, baik di bidang akademik dan non-akademik. “Alumni MTS Al-Jihad banyak yang diterima di PTN-PTN favorit, bahkan ada yang melanjutkan studinya sampai ke Jepang,”tambah beliau dalam sambutannya. Siswa-siswi juga sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan ekstrakulikuler. Pernyataan beliau dibuktikan dengan penampilan beberapa ekskul setelah pembukaan selesai, seperti pencak silat, karate, paskibra, dan pramuka.

Penampilan ekstrakulikuler Pencak Silat
Asesor sedang memeriksa kelengkapan dokumen tiap standar

Visitasi difokuskan pada pemeriksaan delapan standar yang meliputi: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Guru-guru Al-Jihad tentunya telah menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan standar-standar tersebut sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan.

Visitasi juga meninjau sarana dan prasarana yang meliputi pemeriksaan ruangan, fasilitas pendukung seperti lab IPA dan lab komputer, perpustakaan, dan sarana prasarana lainnya. Selain itu juga dilakukan peninjauan langsung proses pembelajaraan atau peer teaching. Saat itu, peer teaching dilakukan untuk mapel umum bahasa Inggris di kelas IX dan mapel agama Al-Qur’an hadits di kelas VIII.

Al-Jihad mendapat nilai A dengan kualifikasi unggul

Seluruh elemen MTs Al-Jihad bersama-sama mengupayakan agar dalam akreditasi ini MTS Al-Jihad memperoleh hasil yang terbaik. Akhirnya, pada awal Oktober MTS Al-Jihad dinyatakan memperoleh nilai A (unggul) dengan nilai 95. Semoga ini menjadi motivasi bagi Al-Jihad untuk senantiasa berjuang lebih baik lagi. (MM)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu