Prosedur Kerja: MEMBUAT SINGKONG KEJU

Apa yang anda ketahui tentang prosedur kerja? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Prosedur Kerja terbagi menjadi du aarti, yaitu prosedur dan kerja. Prosedur memiliki arti metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah. Sedangkan, kerja memiliki arti kegiatan melakukan sesuatu; yang dilakukan (diperbuat). Maka, prosedur kerja adalah metode yang dilakukan berdasarkan langkah demi langkah untuk memecahkan suatu masalah. Ternyata prosedur kerja yang biasa kita ketahui adalah tatacara keselamatan pada kecelakaan kerja tetapi tidak hanya itu, ternyata proses pembuatan suatu makanan atau cara memasakan termasuk ke dalam prosedur kerja juga.

Prosedur kerja yang akan dibahas pada artikel ini adalah salah satu cara mengolah singkong. Siapa yang tidak kenal singkong atau ketela pohon? Singkong adalah sejenis umbi-umbian. Singkong termasuk jenis tumbuhan umbi-umbian karena buah dari pohon tersebut terdapat didalm tanah. Selain singkong yang termasuk jenis umbi-umbian antara lain: ubi jalar, kentang, tales, bawang, wortel, dan masih banyak lagi.

Singkong sering dijadikan sebagai pengganti nasi oleh kebanykan orang. Kandungan singkong sangatlah lengkap dan mengenyangkan. Kandungan di dalam per 100 gram singkong meliputi: kalori 121 kal; air 62, 50 gram; fosfor 40,00 gram; karbohidrat 34,00 gram; kalsium 33,00 miligram; vitamin C 30, milligram; protein 1,20 gram; besi 0,70 miligram; lemak 0,30 gram dan vitamin B1 0,01 miligram. Pantas saja banyak orang yang beralih menjadikan singkong sebagai makanan pokoknya.

Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Selain, menyehatkan singkong juga sangatlah mudah dalam pengolahannya untuk dijadikan makanan. Makanan yang dapat diolah dari bahan dasar singkong sagatlah beragam dari olahaan makanan tradisional sampai makanan modern.

Olahan atau masakan tradional dari singkongkong adalah tiwul, kue klepon, getuk, kue talan singkong, combro, dan masih banyak lagi. Olahan atau masakan tersebut merupakan jajanan pasar yang sudah mulai jarang ditemukan tetapi kita bisa membuatnya dirumah. Selain itu, ada pula olahan aatau masakan modern, antara lain: brownies singkong, bolu singkong, singkong keju, singkong Thailand, pancake singkong, dan masih banyak lagi. Olahan atau masakan tersebut dapt dijumpai di tempat-tempat nongkrong anak muda yang kekinian atau bisa juga dipesan melalui online.
Berikut salah satu olahan atau masakan modern dari bahan dasar singkong yang bisa anda jadikan referensi di rumah.

Resep membuat singkong keju

Bahan:
2 umbi singkong
3 liter air
Untuk topping:
Keju
Susu
Boleh ditambah meses, coklat, dll.
Cara membuatnya:
Kupas singkong dari kulitnya dan potong menjadi beberapa bagian.
Cuci bersih singkong lalu masak air dan masukkan singkong yang telah dipotong-potong.
Jika anda ingin mendapatkan tekstur singkong yang empuk, maka setelah proses perebusan selesai singkong bisa dikukus terlebih dahulu.
Jika anda ingin mendapatkan tekstur singkong yang renyah atau krispy, maka setelah proses perebusan selesai angkat singkong dan tiriskan dari sisa air yang menempel. Setelah singkong kering lakukan penggorengan selama 5 – 10 menit tergantung tingkat krispy yang anda suka.
Setelah singkong matang, tata atau susun singkong agar terlihat rapih.
Parut keju dan taburkan diatas singkong yang telah tersusun.
Lalu, berikan susu pada singkong yang telah ditaburi keju.
Ttttaaaaaarrrrraaaaaa…. Singkong keju siap disantap…
Berikut adalah resep singkong keju yang kak aji (guru Bahasa Indonesia) buat. Penasaran apalagi yang akan dibuatnya? Ikufti terus ya artikelnya… 😉

(Aji Khurniawan)

Related Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu