Sehat dengan Berolahraga

Sehat? Siapa yang tidak mau selalu dalam keadaan sehat. Sejatinya sehat itu sangatlah mahal dan tidak bisa semua manusia selalu dalam keadaan tersebut. Seperti apa kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, pantaslah jika menjaga kesehatan dan mencegah  dari penyakit lebih baik daripada mengobatinya.

Cara mencegah agar penyakit tidak datang dan menjadi beban pada tubuh kita adalah dengan menjaga pola makan dan harus rutin berolahraga. Menjaga pola makan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh agar tidak terjangkiti oleh berbagai macam penyakit. Dikutip dari alodokter.com sebaiknya hindarilah makanan yang berlemak, karena dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Bahayanya bukan main-main, dapat menyebabkan  penyakit jantung koroner, menyebabkan stroke, memperburuk penyakit diabetes tipe 2, dan masih banyak lagi. Selain dengan cara menjaga pola makan kita juga bisa berolahraga secara rutin. Berolahraga secara rutin dapat mencegah tubuh  terkena penyakit. Olahraga yang baik adalah olahraga yang sesuai dengan kapasitas tenaga yang kita miliki. Olahraga juga tidak boleh memaksakan diri karena olahraga yang dipaksakan dan berlebihan akan menjadi sebaliknya bagi tubuh, yaitu bukan menyehatkan tetapi membuat tubuh kita mejadi sakit. Selain itu olehraga yang sesuai dengan hobi juga sangatlah dianjurkan.

Anda dapat memilih sendiri olahraga yang anda gemari. Usahakan bukan karena ikut-ikutan apalagi coba-coba karena olahraga yang dilakukan secara tidak rutin maka tidak akan mengahasilkan apa-apa. Contonya olahraga yang bisa anda pilih adalah atletik, bola besar, bola kecil atau olahraga beladiri.

Bapak Sukari, S.Pd.I merupaka guru olahraga atau penjas yang ada di MTs Al Jihad. Beliau sudah mengajar sejak tahun 1989, selain itu beliau lulusan dari universitas Al Aqidah, Jakarta timur pada tahun 2008 dan telah sertifikasi sejak tahun 2010. Sedikit mengulik tentang bapak sukari, beliau mengajar di kelas VII-IX dengan materi olahraga.

Sebelum masuk ke materi pembelajaran biasanya beliau mengajak anak-anak untuk pemanasan agar tidak terjadi keram ataupun keseleo saat pelaksanaan kegiatan di lapangan. Pemanasan tersebut bisa dimulai dari peregangan otot lalu dilanjut ke senam ringan, selain itu bisa juga dengan berlari kecil mengitari sekolah, dan setelah itu baru masuk ke materi pembelajaran. Materi yang disukai anak laki-laki adalah badminton, futsal, dan sepak bolah. Sedangkan perempuan bola voly dan senam. Berolahraga secara rutin dapat membantu mereka menjaga kesehatan selain itu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai menjadikan mereka gemar berolahraga.

Berolahraga juga dapat membantu mereka dalam perkembangan dan pertumbuhan tinggi badan. Secara umum pertumbuhan tinggi badan manusia rata-rata bisa sampai usia 21 tahun bagi laki-laki dan diusia 19 tahun bagi perempuan. Selain itu dilansir dari sahabatnestle.co.id ada 5 manfaat olahraga bagi sehatan tubuh, yaitu: 1. Menjauhkan dari berbagai macam penyakit; 2. Membuat tubuh lebih tegap; 3. Merangsang pertumbuhan ideal;3. Meningkatkan daya pikir; dan 5. Meningkatkan nafsu makan.

Sekarang anda yang memilih lebih baik mencegah dengan cara menjaga pola makan dan rutin berolahraga atau berobat kerumah sakit akibat dari makan sembarang dan bermalas-malasan? Ingat jika anda sudah terkena penyakit bukan hanya harta yang hilang tetapi waktu apalagi jika sudah parah dan terlambat ditangani bisa-bisa nyawa yang melayang. Maka dari itu sayangilah tubuh anda sendiri dan mulailah hidup sehat. Oooccceeee… 😉 (Aji Khurniawan)

Related Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu