Literasi? Literasi itu apa ya?

Hey kawan-kawan apakah kalian tahu apa itu literasi? Apa makanan… Literasi itu bukan sejenis makanan ya, apa lagi bentuknya benda loh.. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Selain itu menurut UNESCO, pemahaman orang tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan juga pengalaman. Secara umum Literasi adalah seperangkat keterampilan nyata khususnya keterampilan kognitif menulis dan membacayang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa yang memperolehnya.

Sekarang kita sudah tahu apa itu literasi, lalu sudahkah kalian membaca hari ini? Sudah berapa banyak buku yang kamu baca? Atau kamu punya berapa buku? Hayooo… jangan-jangan kamu belum membaca buku ya… Membaca itu penting loh, dari membaca kita banyak memiliki pengetahuan, selain itu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari buku-buku yang kita baca, dan dengan membaca kita bisa berimajinasi.

Menurut prof. Henry Guntur Tarigan (Pakar Linguistik dan penulis buku Linguistik Bahasa Indonseia) membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/Bahasa tulis. Apa kalian masih ingat membaca dengan cara mengeja? Contohnya ini budi (i-ni ,ini: bu-di, budi). Dahulu cara membaca seperti ini sangat digemari pada era 80-90an karena dengan cara membaca seperti itu sangat mudah dipahami oleh murid/siswa/i. Cara membaca tersebut dipelajari ditingkat sekolah dasar pada pelajaran Bahasa Indonesia, hayooo apa masih ingat caver bukunya seperti apa? Yaps, ada anak sekolah yang sedang berangkat ke sekolah. hehehe… ternyata umur kita sama..

Terlepas dari itu sekarang tidak sulit lagi jika kamu ingin membaca karena sudah banyak media elektronik yang dapat kita gunakan untuk mencari informasi. Selain itu, berita yang disampaikan adalah berita yang sedang viral atau dicari oleh banyak orang. Pada zaman sekarang membaca tidak lagi membosankan dan dapat dilakukan dimana saja. Selain itu, bahan bacaan dilengkapi gambar atau animasi bahkan video yang menjadi lebih menarik.

Setelah tahu membaca itu menyenangkan apa lagi bisa ingat mantan, lalu tahukan kamu manfaat dari membaca? Membaca memiliki banyak manfaat anatar lain:

  1. Stimulasi mental

Seperti halnya otot yang sering dilatih dengan cara berolah raga, maka otak juga perlu dilatih agar menjadi sehat dan membuatnya tetap aktif dengan cara membaca. selain itu, dengan membaca dapat mengatur mental manusia tetap terjaga sehingga tidak mudah menjadi emosi.

  • Mengurangi stress

Pusing dengan pekerjaan selain itu dengan banyaknya tugas yang kita dapat setiap hari. Cobalah untuk membanca mungkin bisa membantu kamu dengan mengurangi stress yang kamu alami. Sekarang banyak bahan bacaan yang mengandung humor seperti komik atau sejenisnya. Dengan membaca bisa mengembalikan mood kamu lohhh..

  • Pengetahuan

Pribahasa mengatakan “buku adalah jendela dunia” pribahasa tersebut sangatlah tepat karena dengan membaca kita dapat mengetahui semua yang terjadi, menambah pengetahuan dan memperbanyak pemahaman yang belum kita ketahui.

  • Memperbanyak kosatakata

Banyak orang yang bosan membaca, justru itu sangatlah merugikan. Pernahkan kamu mengalami gugup saat melamarkerja/interview? Penyebabnya karena kamu kurang menguasai kosakasata yang tepat saat menjawab pertanyaan yang diajukan maka hasilnya kamu ditolak oleh beberapa perusahaan, maka cobalah untuk membaca ya..

  • Memperbaiki memori

Pernah gak sih kamu lupa? Lupa menyimpan barang, lupa ada janjian, apa lagi lupa tanggal jadian. Hadehhhh… ternyata dengan membaca bisa memperbaiki memori atau ingata manusia loh.

  • Keterampilan berpikir analitis

Berpikir analitis merupakan suatu cara pemecahan masalah yang diambil sesuai dengan logika dan dapat dibuktikan kebenarannya. Membaca merupakan cara ampuh jika kamu sedang mendapatkan masalah sudah banyak buku-buku yang berhubungan dengan masalah-masalah yang terjadi di kehidupan manusia.

  • Meningkatkan konsentrasi

Ini yang penting, terkadang kita tidak sadar atau kurang konsentrasi karena banyak pikiran. Coba deh kalian membaca buku minimal 15 menit sebelum melakukan kegiatan maka apa yang kalian kerjakan akan teratur dan tertata rapih.

  • Keterampilan menulis

Ternyata keterampilan menulis sangat dekat dengan membaca, tidak dipungkiri jika kita semakin banyak membaca maka semakin banyak pula kosakata yang kita dapatkan dan kita ketahui, dengan demikian akan memunculkan ide-ide yang akan bisa dijadikan sebagai tema untuk menulis. Seperti menulis artikel, novel maupun buku bacaan yang lain.

  1. Ketenangan

Membaca juga dapat membuat kita merasakan ketenangan loh. Membaca dangan posisi yang dirasa nyaman maka akan menghasilkan ketenangan bahkan kita bisa sampai lupu waktu dan sudah berapa banyak buku yang kita baca.

  • Hiburan gratis

Bosan dengan hiburan yang itu-itu saja? Coba deh membaca buku. Membaca dapat melatih daya imajinasi sehingga dengan membaca dapat membuat kita terhibur, seperti membaca komik, novel maupun buku-buku yang lain.

Nah tadi sudah dijabarkan ternyata banyak ya manfaat membaca jadi sekarang kamu masih gak mau baca? Hayooo aku cubit nih kalau masih malas membaca…

Related Posts

2 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu