2 Mei 2020 jumlah penderita positif mencapai 10.843: Kenali cara penyebaran virus corona atau Covid-19

Dari judulnya saja mungkin kita sudah mendapat gambaran pentingnya pengetahuan dengan cara mengenali cara penyebaran virus corona atau Covid-19. Tahu kah kamu kasus pertama yang terjangkin virus corona atau covid-19 di Indonesia? Di manakah tempat tinggalnya? Dan bagaimana caranya dia sampai tertular?

Dilansir dari nu.or.id “ternyata (WN Jepang, red) yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang di Indonesia, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun”. Kata Jokowi pada para awak media di Istana Negara, Senin (2/3). Begitulah kasus yang pertama kali ditemukan di Indonesia, maka dari itu kita harus menjaga Kesehatan agar tidak mudah terjangkit.

Selain itu, dilansir dari detik.com bertempat tinggal di Kawasan Kota Depok, Jawa Barat. Penyebaranya virus ini sangatlah cepat dan mungkin tidak disadari oleh kita sendiri. Mungkin saja orang yang kita kenal bisa terjangkit virus ini dan akan sangat membahayakan jika sampai orang disekitarnya. Maka dari itu saat ini kami akan membahas bagaimana cara penyebaran virus corona atau covid-19:

  • Jarang mencuci tangan

Mencuci tangan adalah cara mudah mutuk membersihkan diri dari segala macam virus dan penyakit. Tetapi, sering orang-orang yang mengabaikannya dan memanggap sepele. Dengan cara mencuci tangan kita dapat membersihkan kuman, virus, bahkan penyakit yang menempel pada tangan kita yang tidak sengaja terbawa akitabat menyentuh sesuatu.

  • Kontak dengan benda yang sering di sentuh orang lain

Yang dimaksud dengan kontak disini adalah sering bersentuhan atau memegang benda-benda. Kita haruslah mulai waspada terhadap benda yang sering kita sentuh, bisa jadi benda tersebuh telah disentuh oeh orang lain yang bisa jadi orang tersebut sedang sakit. Contoh benda yang dimaksud seperti uang, gagang pintu atau benda-benda lain.

Keterangan: Foto hanya sebagai ilustrasi
  • Batuk dan bersin

Tahukah kamu, air liur yang keluar dan bersin dapat beterbangan di udara? Atau bahkan menempel di benda-benda sekitarnya. Maka dari itu, pentinglah menerapkan etika bersin dan batuk dengan cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan atau alat lain yang bisa digunakan.

  • Interaksi dengan orang banyak

Penting sekali dicermati Ketika kita berinteraksi dengan orang banyak maka akan berkemungkinan kita juga dapat tertular penyakit yang dibawa oleh salah satu dari orang tersebut. Tanpa kita sadari pula mungkin diantara mereka yang memliki penyakit menular.

  • Kurangnya pengetahuan

Penting sekali kita membahas cara penularan virus corona ini. Tanpa pengetahuan yang cukup bisa saja dapat tertular virus tersebut lebih awal. Maka dari itu pengetahuan sangatlah penting bagi kita.

  • Tidak melakukan isolasi diri

Isolasi diri yang dimaksud adalah berdianm diri di rumah sampai keadaan membaik. Isolasi diri ini dianjurkan bagi meraka yang sakit dan yang telah lanjut usia karena mudah sekali terpapar virus corona.

  • Tidak menjaga kebersihan

Pernah mendengan semboyan “bersih pengkal sehat”? semboyan itu sangatlah tepat jika kita tidak rajin membersihkan diri dan lingkingan tidak menutup kemungkin kita juga kan mudah sekali terjangkin penyakit.

Keterangan: Foto hanya sebagai ilustrasi
  • Kontak secara langsung

Kontak disini adalah saling berhubungan langsung dengan orang lain. Misalkan, berjabat tangan atau berpelukan. Tanpa disadari pula kita dapat saling bertukar virus saat melakukan kontak visik tersebut

  • Bepergian ke zona merah

Sangatlah berbahaya jika kita memaksakan diri untuk bepergian ke zona merah. Zona merah ini bukalah zona perang tetapi zona yang sudah memiliki kasus penyebaran virus corona terbanyak. Maka dari itu kita harus mengetahui dimana saja zona merah tersebut diterapkan.

  • Tidak memakai masker

Penting sekali memakai masker saat bepergian, karena dengan memakai masker setidaknya kita dapat mengurangi debu, virus, ataupun penyakit yang beterbangan diudara. Ketika seseorang tidak memakai masker maka orang tersebut akan mudah sekali terjangkit virus dan penyakit melalui pernapasan akibat tidak ada penyaring udara yang dia hirup.

Mulai dari sekarang jaglah diri anda dan keluarga anda dengan cara menjaga Kesehatan dan kebersihan lingkungan. Nah tadi juga sudah kita bahas bagaimana cara penularan virus corona atau covid-19, maka dari itu kita harus menghindari cara-cara tersebut agar kita  dan keluarga kita tidak sampai terpapar virus corona atau covid-19. (Aji Khurniyawan)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu