Materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII: Berita Sekitar Kita

Kebutuhan informasi atau berita sangtalah penting bagi masyarakat banyak, perkembangan teknologi pun membantu penyebaran informasi atau berita ke seluruh penjuru dunia. Saat ini tak mungkin rasanya kita tidak bisa mencari informasi, karena banyak media yang sudah menunjang untuk itu semua. Media itu berupa koran, radio, televisi, internet, dan media sosial lain.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Berita ada 3 pengertian, yaitu: 1. Cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat;kabar, 2. Laporan, 3. Pemberitahuan; pengumumman. Maka, Berita adalah laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang bersifat aktual dan terkini. Dengan membaca berita maka banyak informasi yang kita dapatkan, selain itu kita pun dapat memiliki wawasan yang jauh. Selain itu ada beberapa pengertian Berita menurut para ahli, antara lain:

Charles A. Dana

Laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembacanya.

Neil McNeil

Gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepantingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.

Catledge Turner

Segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.

Eric C. Hepwood

Laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

Gerarld W. Johnson

Penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi meperoleh kepuasan hatinya.

Adi Negor

Sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.

Willard C. Bleyer

Sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga dapat menarik atau mempunyai makna dan dapat menarik minat bagi pembaca.

Setelah mengetahui pengertian berita, ternyata tujuan berita adalah penyampaian pesan komunikatif, yang berarti untuk memberikan berita atau informasi kepad pembaca, penonton dan pendengar mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberikan kepada khalayak ramai. Selain itu ciri-ciri berita meliputi menarik, faktual, aktual, dan unik. Berita disusun berdasarkan unsur 5W+1H, yaitu What (apa yang terjadi?), When (kapan terjadinya?), Where (dimana terjadinya?), Why (mengapa terjadi?), Who (siapa yang terlibat?), dan How (bagaimana terjadinya?).

Mari kita bertukar informasi atau berita agar pengetahuan kita semakin banyak dan luas. Terimakasih bagi teman-teman yang sudah berkunjung dan saya meminta maaf jika ada kesalahan.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya, sayonara…. (Aji Khurniyawan)

Related Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu