Mts Al-Jihad Rayakan HUT Pramuka 2020 Dengan Cara Berbeda Di Masa Pandemi

Dahulu di masa Hindia Belanda pramuka bernama NIPV atau Nederland Indische Padvinders Vereeniging. Setelah sumpah pemuda, pada tahun 1930 terbentuk PPS atau Pandu Pemuda Sumatra. Selain itu 1931 terbentuk Persatuan Antar Pandu Indonesia. Pada tahun 1936 menjadi Badan Pusat Persaudaraan Indonesia (BPPKI).

Pada tanggal 28 Desember 1945 didirikan Organisasi Pandu Rakyat Indonesia di kota Solo. Setelah itu, pada tahun 1961 terdapat 100 organisasi kepanduan Indonesia yang terbagi menjadi 3 federasi, yaitu: Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Putera Puteri Indonesia. Maka, pada 14 Agustus di tetapkan sebagai hari Pramuka.

www.mts.aljihad.sch.id

Ada yang beda saat perayaan HUT Pramuka kali ini. Pasalnya pada bulan Maret virus Corona menyerang Indonesia, sudah lima bulan lamanya virus tersebut tidak hilang bahkan setiap hatinya banyak yang terjangkit. Walaupun begitu, kami tidak menyerah dengan keadaan yang seperti ini, mau menunggu sampai kapan? Tidak ada yang tahu entah sampai kapan ujian ini berakhir.

Pada 14 Agustus 2020 kami berinisiatif untuk membuat video ucapan selamat hari ulang tahun pramuka yang ke 59. Video ini di sutradarai oleh kak aji selaku pembina lapangan untuk ekskul pramuka di MTs Al Jihad, Kota Depok, dengan dibantu oleh 8 orang siswa/I kelas VIII dan IX.

Nama dari siswa/I tersebut adalah Fairuz Syahida kelas IX A, Nada Salsabila kelas IX A, Dhiya Syakira Putri kelas IX A, Ririn kelas IX A, Raihan Zulfikar kelas IX A, Dimas Setiawan kelas VIII A, Muhammad Sehan Saputra kelas VIII A, dan Muhammad Renaldy Saputra VIII A. Skenario Video membuat kata S E L A M A T  H A R I  U L A N G  T A H U N  P R A M U K A  K E  L I M A  P U L U H  S E M B I L A N, Sebelum itu dibuka dengan opening Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barrakatu, kami dari PRANTI Pramuka Inti MTs Al Jihad mengucapkan.

www.mts.aljihad.sch.id

Kata-kata tersebut dibuat menggunakan sandi semaphore yang di rekam huruf demi huruf. Selain itu menggunakan latar tempat yang berbeda yakni menggunakan lima lokasi yang berbeda. Ke lima lokasi tersebut: Perpustakaan, Lapangan, Aula, Teras kelas VIII, Depan Kelas IX, Kelas IX A, dan Parkiran. Walaupun dimasa pandemi seperti ini kami tetap semangat dan terus berkarya. Kami berharap bagi kakak-kakak pramuka yang lain jangan pernah menyerah dan harus tetap semangat ya.

Pesan dari kami PRANTI Pramuka Inti MTs Al Jihad tetap menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Perlu diingat kami tetap melakukan hal yang sama saat datang menggunakan masker, pulangpun bergitu, datang mencuci tangan dan pulangpun sama, demi menjaga Kesehatan Bersama.

ingat sehat itu mahal. Sampai berjumpa lagi dan SALAM PRAMUKA! (Aji Khurniyawan)

Related Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu