Kado Terindah Sekaligus Membanggakan bagi Yayasan Al Jihad pada ulang tahunnya yang ke-33

MTs Al Jihad lahir pada pada 27 Agustus 1987 atau tepat 33 tahun pada tahun 2020 ini. Kami sebagai dewan guru dan semua staf sudah senantiasa setia dan mengabdi pada Yayasan tersebut. Yayasan Al Jihad adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1967 oleh ayahanda Nursi Arsyirawati yakni DR.KH Nian Atmaja seorang tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Depok.

Yayasan Al jihad didirikan pada tahun 1967 oleh DR.KH Nian Atmaja, M Syarifuddin, Ismail Taufik, H.Saman dan segenap tokoh masyarakat Cilodong, Depok. Bermodalkan wakaf tanah dari H Jaing Jayadi bin Namun, kehadiran Yayasan Al Jihad diawali dengan pendirian Masjid Al Jihad diatas tanah wakaf keluarga niran bin aman buel di pinggir sungai kalibaru. Selain untuk keperluan ibadah fardu, Masjid Al Jihad sering digunakan untuk kajian keagamaan, antara lain untuk pengajian anak anak.

Kado terindah sekaligus membanggakan tersebut bukan hanya satu tetapi tiga sekaligus. Apa kado itu?

Pertama, terpilihnya Yayasan Al Jihad sebagai Finalis Kegiatan Madrasah Young Researcher Super Camp 2020. Dimana Direktur Jendral Pendidikan Islam selaku pelaksan kegiatan tersebut dan kegiatan ini bersifat Nasional. Tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya: (1). Memberikan peluang seluas-luasnyadalam ruang gerak terbatas untuk tetap menggali keahlian dan pemikiran kreatif malalui riset dalam tatanan New Normal di masa COVID-19. (2). Memotifasi siswa Madrasah untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya. (3) Membangun integrasi dan sikap tanggung jawab (sikap yang terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan), kemampuan beradaptasi dengan kondisi yang saat ini terjadi, kemampuan berpikir logis dan analisis, kemampuan bekerja sama dalam keompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan berkomunikasi dan kemampuan menulis karya ilmiyah. Dsb.

Kegiatan tersebut di wakili dua orang peserta dari MTs Al Jihad. Kedua Siwi tersebut adalah Adelia Dwi Agustin dari kelas IX A dan Ririn Tulimau dari kelas IX B. Dengan Judul Penelitian “Literasi dan Teknologi Informasi dalan Membangun Budaya Anti Hoaks di Lingkungan Madrasah: Studi Kasus MTs Al Jihad Depok.” Sungguh sangat membanggakan sekali nama Yayasan Al Jihad semakin tersorot dan dikenal oleh banyak orang.

Kedua, kegiatan ini merupakan kegiatan kepramukaan yang sudah mendunia yaitu Seleksi Pramuka Garuda Tingkat Cabang Kota Depok. Kami pun terpilih sebagai pesertanya dan kebetulan hanya diwakili oleh satu orang peserta saja yaitu Fairus Syahida dari kelas XI A. kegiatan ini merupakan kegiatan agenda rutin setiap tahun dari Kwartir Cabang Kota Depok tetapi hanya Segelintir Sekolah dan Peserta saja yang dapat lolos dalam kegiatan ini karena ada beberapa syarat tertentu untuk dapat dikatakan lolos.

Pramuka garuda merupakan tinggakatan tertinggi dalam junjang disetiap golongan dalam kepramukaan. Hanya pramuka garuda saja yang dapat mengikuti seleksi untuk ikut kegiatan JAMBORE DUNIA. Dimana seluruh pramuka di penjuru dunia ikut andil untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Ketiga, kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2020. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang. Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Peserta kami yang tiga orang yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2020, peserta tersebut diantaranya; (1). Adinda Puri kelas IX A, (2). Raihan Zulfikar kelas IX A, dan (3). Adiba Khanza Azahra kelas IX B. Meraka bertiga memang lebih unggul dari segi pengetahuan dan sudah sering mengikuti kegiatan kompetisi lain di luar sekolah.

Kami selalu mendukung siswa/I dalam menggapai prestasi. Apapun kegiatannya jika dirasa mekera mampu berkompetisi dan aktif maka kami sebagai guru akan selalu membantu mereka. Terimakasih untuk mereka yang sudah berjuang demi sekolah pada umumnya dan demi diri mereka sendiri pada khusunya.

Selamat ulang tahun Yayasan Al Jihad dan semoga MTs Al Jihad semakin maju, berprestasi dan menjadi tempat mendidik yang berkualitas. Yayasan Al Jihad Kami Bisa Kami Berprestasi. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. (Aji Khurniyawan)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu