Tahukah Kamu 9 September di Peringati Sebagai Hari Apa?

Kali ini berbeda dengan peringatan hari sebelumnya. Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Semoga saja permasalahan ini cepat selesai dan sembuhlah Indonesiaku. Yaa.. kali ini judul saya mulai dengan pertanyaan, kenapa? Karena di tanggal tersebut masih banyak orang yang tidak tahu. Tanggal tersebut merupakan ada kaitannya dengan olahraga. Sedikit kita mengenal sejarah.

Penetapan tanggal tersebut berkaitan erat dengan pembukaan PON I di kota Solo pada tahun 1948. Haornas merupakan akronim dari Hari Olahraga Nasional, yaaa tanggal 09 September merupakan Hari Olahraga Nasional tapi tahukah kamu sejarahnya? Oke akan saya lanjutkan.

Data bahwa pembukaan PON I diresmikan pada tanggal 9 September salah satunya didapat dari Maladi yang pada tahun 1951 menjadi Sekreatis Panitia Besar pada penyelengaaraan PON II di Jakarta. (Kompas, 9/9/1983)

Selang 35 tahun kemudian, pada saat meresmikan purnapugar di Stadion Sriwedari, Solo pada 9 September 1983, Presiden Soeharto sekaligus mencanangkan Hari Olahraga Nasional setiap tanggal 9 September. Tanggal 9 September dipilih berdasarkan tanggal pembukaan penyelenggaraan PON Ipada tahun 1948 di Solo. (Kompas, 10/9/1983)

Pada 7 September 1985, tanggal 9 September ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. Dalam Keppres tersebut disebutkan bahwa penetapan Hari Olahraga Nasional berhubungan dengan peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga secara berlanjut.

https://www.youtube.com/watch?v=ikeXTguLfvI

Hari Olahraga Nasional (Haornas) tak terasa sudah sampai 37 tahun setelah di sahkan pada tahun 2020 ini. Di tahun ini Hari Olahraga Nasional di peringati secara Virtual oleh pemerintah dengan mengambil tema ‘sport science, sport tourism, dan sport industry‘. Kami sendiri di MTs Al Jihad tetap memperingati dengan berolahraga dan tetap mengutamakan protocol kesehatan. Tujuan tersebut demi tetap menjaga Kesehatan, imunitas, dan daya tahan tubuh siswa-siswi itu sendiri.

Maka dari itu tetaplah menjaga Kesehatan dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi buah-buahan, sayur, dan makanan yang bergizi lainnya. (Aji Khurniyawan)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu