Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII: Materi Iklan, Kreasi Iklan dengan Imajinasimu

Iklan merupakan media promosi jitu dalam mengenalkan sebuah produk maupun jasa. Iklan bermacam-macam bentuknya. Bentuk iklan sendiri dapat berupa poster, video, majalah dan lain sebagainya. Poster sendiri dapat dikatakan menarik jika terdapat selogan atau gambar yang dapat mewakili poroduk maupun jasa yang mudah diingat oleh si pembacanya, dengan demikian si pembaca akan penasaran dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Mata pelajaran bahasa Indonesia sendiri terdapat materi pembelajaran tantang iklan salah satunya berupa poster. Mari kita belajar sedikit tentang poster menurut para ahli:

  • Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut penuturan Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, poster merupakan kombinasi visual serta rancangan kuat, dengan warna dan pesan. Yang mana bertujuan untuk menangkap perhatian bagi siapa saja yang melihatnya dan juga cukup lama menanamkan gagasan yang sangat berarti dalam ingatan seseorang tersebut.

  • Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, poster merupakan sebuah gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual, mulai dari garis, gambar, serta kata-kata yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan penting secara singkat

  • Rudi Susilana dan Cepi Riana

Pengertian poster yang dijabarkan oleh Rudi Susilana dan Cepi Riana adalah sajian kombinasi visual yang tampak jelas, menyolok, dan juga menarik. Yang dimaksudkan untuk menarik perhatian bagi siapa saja orang yang lewat.

  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud)

Menurut Depdikbud (1988:50), poster adalah sebuah media yang mana didalamnya terdiri atas lambang kata atau simbol yang sederhana. Umumnya mengandung sebuah anjuran maupun larangan.

Selain itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Nah dari segi pengertian kita sudah tahu sekarang kita belajar dari segi pola penyajian poster. Poster sangat mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, serta gambar-gambar yang menarik, dan kejelasan kata-tata (menggunakan slogan atau kata yang mudah diingat oleh pembacanya).

Dalam pembuatan poster memiliki syarat-syarat, antara lain:

  1. Kata yang di gunakan jelas, artinya melambangkan atau mewakili dari produk atau jasa yang dipromosikan.

2. Singkat, berupa slogan yang mudah diingat oleh si pembaca

3. Persuasif, membujuk si pembaca agar melakukan apa yang diinginkan oleh pengiklan (membeli produknya atau menggunakan jasanya atau mengikuti kegiatan tersebut dll).

4. Menarik, ya haruslah menarik agar si pembaca dapat tertarik dan penasaran dengan apa yang dipromosikan oleh poster tersebut.

Setelah teori singkat di atas maka saya akan berikan contoh iklan yang sudah di buat oleh murid-murid dari MTs Al Jihad Cilodong Depok. Contoh ini mungkin bisa menjadi pembelajaran bari guru-guru bahasa Indonesia lain untuk memotivasi siswa/I agar lebih mengembangkan imajinasinya:

Karya Laura Amelia Putri
Karya Hilma Wardatunnisa
Karya Ifti Nabilah Rahmah
Karya M. Fahmi
Karya Dea Andarista
Karya Aulia Putri
Karya Abidah Ardelia
Karya Siti Sobariah
Karya Salwa Azzahra Niar

Kali ini pengetahuan kita bertambah lagi. Pesan kami janganlah bosan membaca karena dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan. Banyak baca banyak ilmu. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel berikutnya.. daaaahhhh… (Aji Khurniyawan)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu